h1

Virtual machine

November 10, 2009

Mesin Virtual (VM) adalah sebuah implementasi software mesin (misalnya komputer) yang melaksanakan program-program seperti mesin fisik.

Mesin Virtual pada awalnya didefinisikan oleh Popek dan Goldberg sebagai “yang efisien, terisolasi duplikat dari mesin yang nyata”. Saat menggunakan mesin virtual tidak perlu berhubungan langsung dengan hardware nyata (fisik).

Mesin virtual dipisahkan ke dalam dua kategori utama, berdasarkan tingkat penggunaan dan korespondensi untuk mesin nyata (fisik).
Sebuah sistem mesin virtual menyediakan platform sistem lengkap yang mendukung pelaksanaan sebuah sistem operasi lengkap (OS).
Sebaliknya, mesin virtual sebuah proses yang dirancang untuk menjalankan sebuah program tunggal, yang berarti bahwa ia mendukung proses tunggal.
Karakteristik penting dari sebuah mesin virtual yang berjalan di dalam perangkat lunak adalah terbatas pada sumber daya dan abstraksi yang disediakan oleh mesin virtual tidak dapat keluar dari dunia virtual.

Keuntungan utama dari sistem VMs adalah:
  • beberapa lingkungan OS dapat dijalankan  berdampingan/bersamaan pada komputer yang sama, dalam isolasi kuat satu sama lain.
  • mesin virtual dapat memberikan sebuah arsitektur set instruksi (ISA) yang agak berbeda dari mesin yang sebenarnya.
  • aplikasi provisioning, pemeliharaan, tingkat ketersediaan dan pemulihan bencana.

Kerugian utama dari sistem VMs adalah:

  • mesin virtual kurang efisien daripada mesin nyata karena secara tidak langsung mengakses perangkat keras.

 

notes:

VM : Virtual Machine

VMs : Virtual Machines

OS : Operating System

 

Leave a comment